Telecenter Joko Samudro Gresik Alamat Desa Karangsemanding Kec. Balongpanggang Kab. Gresik Telp. 0317922620 [ Pusat Layanan Masyarakat Berbasis Internet ]

Minggu, 21 Oktober 2012

Kabupaten Gresik Raih Penghargaan Teknologi Informasi


OTDA, Gresik - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, meraih penghargaan bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) kategori utama yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik, Andhy Hendro Wijaya, Jumat mengatakan, Kabupaten Gresik telah menyisihkan sebanyak 165 daerah di Indonesia.

"Total daerah yang meraih penghargaan kategori utama adalah sembilan daerah, dan Gresik merupakan satu-satunya daerah dari Jawa Timur yang mendapatkan penghargaan kategori utama," katanya.

Dikatakannya, penghargaan diterima langsung oleh Wakil Bupati Gresik, Drs Mohammad Qosim pada Kamis (18/10) malam di Medan Sumatera Utara.

Sementara Kepala Bagian Pengolahan Data dan Teknologi Informasi, Kabupaten Gresik, Bambang Hadi mengaku senang dengan diraihnya penghargaan TIK.

Untuk itu, sebagai peningkatan, pihaknya telah membangun "backbone fiber optic" atau jaringan TIK sepanjang 9210 meter yang menghubungkan beberapa kantor pemerintahan.

"Dalam sambungan itu, kantor bupati sebagai pusatnya dan menyambung dengan Badan Pengelolaan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Pemuda dan Olahraga serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan anggaran senilai Rp1,4 miliar," katanya.

Selain itu, pemkab juga telah membentuk Komite TIK dan menambah lokasi "free hot spot" di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Gresik.

"Komite TIK ini beranggotakan unsur pemerintah, perguruan tinggi serta lembaga sekolah. Dan tugasnya adalah mengembangkan telecenter serta memberi pengadaan dan operasional mobil internet kecamatan," katanya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Syukri Batubara mengaku, dalam penilaian penghargaan diukur beberapa indikator di bidang TIK, seperti kelengkapan, pemutakhiran data yang terukur hingga tingkat kabupaten dan kota.

"Indikator lain sebagai penilaian adalah kondisi TIK di suatu daerah bisa dipergunakan berbagai lapisan dan pemangku kepentingan," katanya. (Antara)

sumber:

7 komentar:

  1. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus
  2. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus
  3. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus
  4. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus
  5. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus
  6. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus
  7. selamat ya untuk Gresik...I'm very proud as Gresik Citizen....

    BalasHapus