Telecenter Joko Samudro Gresik Alamat Desa Karangsemanding Kec. Balongpanggang Kab. Gresik Telp. 0317922620 [ Pusat Layanan Masyarakat Berbasis Internet ]

Jumat, 12 September 2014

Perkemahan Besar Tahun 2014 Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Balongpanggang

Gresik – UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Balongpanggang bersama Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Balongpanggang akan mengadakan Perkemahan Budaya 2014 yang ditempatkan di Desa Tenggor kecamatan Balongpanggang pada tanggal 12 – 14 September 2014.
"Kegiatan Perkemahan Budaya ini merupakan event tahunan. Kali ini kita tempatkan di Desa Tenggor," kata Ketua panita penyelenggara, Dra. Aminah.
Menurutnya, kedatangan mereka ke Tenggor ini sekaligus ingin melaporkan rencana kegiatan Perkemahan Budaya ini kepada Bpk. Moh. Qosim, Wakil Bupati Gresik.
"Kami Kwaran Kecamatan Balongpanggang bersama jajaran dari UPT Dinas Pendidikan dan akan melaporkan rencana kegiatan event Ranting yang akan ditempatkan di desa yang jaraknya sekitar 10 kilometer dari Kecamatan Balongpanggang itu," ungkapnya.
Ia mengatakan, kegiatan perkemahan budaya local ini bertujuan sebagai ajang melestarikan budaya khas Kabupaten Gresik. "Kegiatan ini sangat positif karena para penggalang dan penegak akan saling mengenali, memahami, serta mengapresiasi keanekaragaman budaya Kabupaten Gresik di kalangan Pramuka," ungkapnya.
 Ia mengatakan, menjadi anggota pramuka dituntut agar bisa mencintai budaya nasional umunya dan budaya local khususnya dan tidak tergerus dengan perkembangan budaya eropa yang serba kebablasan. "Penggalang dan penegak pramuka ini akan mampu memilih mana budaya yang bagus dan mana budaya yang tidak pantas untuk ditiru," jelasnya.
Dra. Aminah menyampaikan, pelestarian budaya local harus dijaga secara maksimal sebagai kekayaan budaya yang ada di negeri ini."Akhir-akhir ini budaya kita di Indonesia banyak dicaplok oleh negara lain. Ini sungguh memprihatinkan sehingga kegiatan ini penting untuk dilaksanakan bagi generasi muda kita," tuturnya.
Kegiatan ini dihadiri seluruh gudep penggalang dan penegak sekecamatan Balongpanggang dengan total jumlah peserta mencapai 880 siswa.
"Setiap gudep mengutus satu regu yang terdiri dari dua belas orang termasuk pembina. Malah dari beberapa gudep ada yang akan mengirimkan lebih dari satu regu.," jelasnya.

"Menjadi anggota pramuka akan diberikan bimbingan bagaimana mencintai budaya nasional dan budaya daerah serta mampu menjaring budaya Eropa," ungkapnya. (TCJS)


0 komentar:

Posting Komentar