Telecenter Joko Samudro Gresik Alamat Desa Karangsemanding Kec. Balongpanggang Kab. Gresik Telp. 0317922620 [ Pusat Layanan Masyarakat Berbasis Internet ]

Jumat, 31 Agustus 2012

Merintis Bisnis Sampingan Via Online


bisnis sampingan online 200x131 Merintis Bisnis Sampingan Via OnlineMerintis bisnis sampingan belakangan ini menjadi alternatif yang cukup efektif untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Tidak heran bila banyak karyawan, mahasiswa, pelajar, bahkan ibu rumah tangga yang tertarik menekuni bisnis sampingan untuk mendapatkan incometambahan setiap bulannya.
Dari sekian banyak peluang bisnis sampingan yang bisa dijalankan, bisnis online merupakan salah satu ide bisnis yang sekarang ini banyak diminati masyarakat. Waktu operasionalnya yang tak terbatas, serta jangkauan wilayahnya yang cukup luas, membuat sebagian besar masyarakat lebih memilih bisnis online sebagai peluang bisnis sampingan yang menggiurkan serta cukup mudah untuk dijalankan.
Nah, apa Anda juga tertarik merintis bisnis sampingan via online? Berikut adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda jalankan untuk merintis bisnis sampingan menggunakan bantuan internet.
  • Mulailah dari hobi yang Anda miliki. Ketika menekuni sebuah usaha, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis usaha yang benar-benar kita sukai. Dengan begitu, kita telah memiliki gambaran atau sedikit modal ilmu untuk menjalankan bisnis sampingan tersebut. Misalnya saja Anda memiliki hobi di bidang otomotif, tidak ada salahnya bila Anda membuka toko online yang menawarkan aneka macam jenisspare part motor, aksesoris motor, dan lain sebagainya.
  • Dukung dengan ilmu dan pengalaman di bisnis online. Setelah menemukan ide bisnis sampingan yang akan dijalankan, tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memperluas wawasan dan pengalaman Anda di bisnis online. Dalam hal ini Anda bisa mempelajari fungsi internet, mengenal media online yang paling cocok untuk mengembangkan sebuah usaha, serta mencari tahu mengenai strategi-strategi jitu dalam mempromosikan bisnis sampingan via online. Semua hal tersebut bisa Anda pelajari dari internet, buku, majalah, atau mengikuti program pelatihan dari para pakar bisnis online.bisnis online 200x180 Merintis Bisnis Sampingan Via Online
  • Jangan sungkan untuk mempublikasikan produk Anda.Seperti halnya bisnis konvensional(offline), dalam menjalankan bisnis online Anda juga harus aktif mempublikasikan produk Anda ke situs toko online yang Anda miliki. Untuk memulainya Anda bisa meng-upload foto, video, atau melengkapi konten tersebut dengan artikel deskripsi, sehingga banyak konsumen yang tertarik dan mempercayai penawaran yang Anda sampaikan.
  • Aktif di forum online. Meskipun Anda memiliki rutinitas harian yang lumayan padat, namun sisihkan waktu Anda 3-4 jam per hari untuk bersosialisasi di forum online. Langkah ini cukup penting, untuk memperluas jaringan bisnis yang dimiliki, berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar bisnis sampingan yang Anda jalankan, sekaligus memperkenalkan keberadaan bisnis Anda kepada khalayak ramai.
  • Perbaharui toko online secara rutin. Berhasil membuka toko onlinetentunya bukan menjadi akhir dari perjuangan Anda. Selanjutnya Anda juga harus rutin meng-update toko online tersebut agar memiliki daya tarik tersendiri di mata para konsumen Anda. Lakukan update secara berkala untuk menunjukan eksistensi bisnis Anda, misalnya saja dengan melengkapi deskripsi produk, menambahkan foto produk, merevisi harga barang, dan lain sebagainya.
Cukup mudah bukan? Semoga informasi tips bisnis online yang kami angkat pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia untuk segera terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
sumber : bisnisukm.com

0 komentar:

Posting Komentar